WOVEN GEOTEXTILE UNTUK PERKUATAN TIMBUNAN PADA TANAH LUNAK

 

1. Pendahuluan

Fungsi Woven Geotextile, dalam hal ini sebagai tulangan, pemisah atau drainase. Bila timbunan terletak pada tanah lunak, deformasi yang berlebihan menyebabkan timbunan menjadi melengkung ke bawah. Terjadinya deformasi ini akan mengakibatkan kerusakan struktur diatasnya. Pada prinsipnya, timbunan sama seperti balok yang dibebani, yaitu jika timbunan melengkung terlalu tajam, maka akan menimbulkan retak-retak pada bagian bawa. Dari analisis ini akan dihasilkan kekuatan tulangan geotextile yang dibutuhkan agar timbunan tidak berdeformasi secara berlebihan.

Woven geotextile, bila diletakkan di bawah timbunan jalan atau tanggul akan mengurangi tegangan-tegangan pada lapisan tanahdi bagian bawah, yaitu ketika lapisan ini mengalami tarikan akibat beban yang bekerja. Dengan adanya woven geotextile, integritas struktur timbunan lebih terjaga, sehingga beban timbunan disebarkan ke area yang lebih luas dan dengan demikian woven geotextile dapat mengurangi intensitas tekanan ke tanah di bawahnya.

Jika tanah lunak yang berada di bawah timbunan terpenetrasi ke dalam bahan timbunan di atasnya, maka sifat-sifat mekanis tanah timbunan akan terpengaru, yaitu kekuatan tanah di sekitar dasar timbunan akan berkurang.

Timbunan yang diperkuat dengan tulangan woven geotextile dapat memberikan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan metoda konvensional, seperti metoda stabilisasi dengan pembangunan berm maupun metoda perpindahan. Dalam tanah pondasi di bawah timbunan yang terlalu lunak, untuk dapat mendukung beban timbunan di atasnya, maka diperlukan woven geotextile untuk perkuatannya. Kecuali dipasang di dasar timbunan, woven geotextile juga dapat diaplikasikan untuk perkuatan lereng timbunan.

 

2. Aplikasi Stabilisasi Timbunan dengan Woven Geotextile

Dalam aplikasi stabilisasi timbunan, Woven Geotextile dapat diletakkan dalam berbagai cara seperti yang ditunjukkan pada gambar 1 (Gourc, 1993), yaitu :

  • Gambar 1a : woven geotextile diletakkan pada pertemuan tanah lunak dan timbunan yang berfungsi sebagai pemisah/separasi, mencegah kontaminasi tanah timbunan oleh butiran halus tanah lunak di bawahnya. Selain itu, woven geotextile juga berfungsi sebagai tulangan
  • Gambar 1b : woven geotextile pada bagian ujungnya ditekuk ke belakang untuk mencegah longsoran lereng
  • Gambar 1c : woven geotextile membentuk bantalan berisi tanah untuk mendistribusikan beban
  • Gambar 1d : woven geotextile sebagai lapisan separasi pada perbaikan tanah lunak dengan menggunakan metode prefabricated vertical drain
  • Gambar 1e : woven geotextile diaplikasikan agar lereng timbunan dapat dibuat lebih tegak.
  • Gambar 1f : woven geotextile digabungkan dengan sistem kolom tiang-tiang yang mendukung sebagian dari beban timbunan
  • Gambar 1g : woven geotextile di ujung-ujungnya dikunci agar tidak terjadi penggelinciran.
  • Gambar 1h : woven geotextile diletakkan di bawah berm untuk meyakinkan stabilitas timbunan.

Gambar 1. Macam-macam cara perletakan woven geotextile pada timbunan diatas tanah lunak

Rakit tulangan woven geotextile yang diletakkan pada kolam tiang-tiang (Gambar 1f) bertujuan untuk meringankan beban tanah pondasi dari beban timbunan. Rakit yang didukung oleh tiang-tiang berguna dalam meneruskan beban ke tanah yang lebih dalam dan sekaligus mengurangi tekanan tanah pada kedalaman yang dangkal. Woven geotextile sebagai tulangan hanya dapat mentransfer beban ke tiang bila telah terjadi penurunan tanah. Oleh karena itu, tegangan tarik yang terjadi pada rakit woven geotextile harus lebih kecil daripada kuat tarik ijinnya. Jika woven geotextile tidak digunakan maka penutup tiang yang lebih besar harus digunakan untuk kolom-kolom tiangnya, atau kolom-kolom tiang harus dibuat lebih dekat.

Gambar 2. Woven geotextile sebagai separasi pada tanah lunak dan timbunan

Gambar 3. Woven geotextile sebagai perkuatan lereng

3. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Woven Geotextile sebagai lapis perkuatan.

PT. Geosintetik Mandiri Indonesia bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Woven Geotextile untuk lapis separasi dan perkuatan.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Woven Geotextile pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

 

4. Referensi

Hardiyatmo, H. C. (2017). Geosintetik Untuk Rekayasa Jalan Raya Perancangan dan Aplikasi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Koerner, R. M. (2005). Designing With Geosynthetics Fifth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hubungi kami

Form Customer PT. Geosintetik Mandiri Indonesia

15 + 9 =

PT. GEOSINTETIK MANDIRI INDONESIA

Rosewood Garden No.1

Jl. Jatibening II, Bekasi 17412

021 – 85513955

021 – 85517828

0811 9555 699

0812 1307 0025

0812 1307 0024

office@geosintetik-indonesia.com

Office Call

Marketing Call