1. Pendahuluan

Geopipe adalah pipa HDPE yang memiliki karakter bergelombang (corrugated) sebagai kekuatan menahan beban tanah timbunan. Pipa ini banyak digunakan pada aplikasi sub-drain karena dapat mencegah terjadinya genangan air pada area terbuka pada saat dan setelah hujan.

Geopipe tersedia dengan perforasi (lubang untuk drainase) atau tanpa perforasi dengan dinding tunggal (single wall) atau dinding 2 lapis (double wall). Diameter Geopipe tersedia mulai dari 100 mm sampai dengan 600 mm.

 

2. Pekerjaan Pemasangan Pipa HDPE di TPA

Pekerjaan pemasangan pipa HDPE merupakan salah satu bagian dari pekerjaan yang terdapat pada proyek pembangunan Tempat pembuangan Akhir (TPA). Pipa ini digunakan sebagai drainase yang mengalirkan air lindi ke bak pengolahan air limbah. Karena merupakan pipa drainase, maka pipa ini haruslah pipa perforated. Cara konvensional yang sering digunakan yaitu dengan melubangi pipa HDPE pressure seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1. Gambar Potongan Pipa Lindi Tampak Samping

3. Kelebihan Penggunaan Geopipe di TPA

Saat ini telah berkembang Geopipe yang merupakan pipa HDPE yang memiliki gelombang (corrugated) sebagai kekuatan menahan beban tanah timbunan. Salah satu tipe dari material ini yaitu berlubang (perforated) yang sering digunakan untuk drainase. Geopipe memiliki diameter dari 100 mm sampai dengan 600 mm sehingga cocok digunakan sebagai pipa drainase di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) penggganti Pipa HDPE Pressure. Adapun kelebihan dari penggunaan Geopipe yaitu :

  1. Dapat menghilangkan waktu untuk kegiatan melubangi pipa karena pipa sudah dilubangi dari pabrik;
  2. Dari sistem penyambungan, pipa HDPE Corrugated perforated tidak memerlukan alat khusus dibandingakan dengan penyambungan pipa HDPE pressure (memerlukan mesin butt welding);
  3. Dari segi waktu penyambungan, pipa HDPE corrugated perforated memerlukan waktu ± 10 menit sedangkan pipa HDPE pressure ± 30 menit. Itu menandakan pipa corrugated perforated 3 kali lebih cepat dalam hal penyambungan dibandingkan dengan pipa pressure;
  4. Dilihat dari segi kekuatan, pipa HDPE Corrugated perforated dapat menahan beban yang berasal dari luar seperti beban sampah dan tanah.

 Gambar di bawah ini merupakan instalasi pipa HDPE Pressure dan Geopipe.

Gambar 2. Instalasi Geopipe

Gambar 3. Instalasi HDPE Pressure Pipe menggunakan mesin hot wadge

4. Penutup

PT. Geosintetik Mandiri Indonesia bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Pipa HDPE seperti Geopipe, HDPE Corrugated Pipe, HDPE Spiral Pipe, dan HDPE Pressure Pipe untuk berbagai aplikasi seperti drainase, saluran air, saluran limbah, dll. Silakan hubungi kami untuk info lebih lanjut.

 

Hubungi kami

Form Customer PT. Geosintetik Mandiri Indonesia

13 + 12 =

PT. GEOSINTETIK MANDIRI INDONESIA

Rosewood Garden No.1

Jl. Jatibening II, Bekasi 17412

021 – 85513955

021 – 85517828

0811 9555 699

0812 1307 0025

0812 1307 0024

office@geosintetik-indonesia.com

Office Call

Marketing Call