Non Woven Geotextile dan Modular Tank

Sebagai Sistem Pemanen Air Hujan

1. Pendahuluan

Pemanen air hujan merupakan kegiatan menampung air hujan secara lokal dan menyimpannya melalui berbagai teknologi, untuk memenuhi tuntutan kegiatan manusia.

 

2. Sistem Pemanen Air Hujan

Pada sistem pemanen air hujan terdiri dari fasilitas penyimpanan, area koleksi, sistem alat angkut, dan area koleksi dalam banyak kasus yaitu atap rumah atau bangunan.

Sistem pengangkutan terdiri dari talang atau pipa yang mengalirkan air hujan yang jatuh di atas atap ke tangki air atau tempat penyimpanan.

Setelah melalui sistem pengangkutan air disimpan dalam tangki penyimpanan. Konstruksi untuk tangki penyimpanan pada umumnya terbuat dari beton bertulang, fibreglass, atau stainless steel.

Sistem pemanen air hujan dapat dibangun di atas permukaan ataupun di bawah permukaan tanah disesuaikan dengan ketersediaan lahan..

 

3. Tangki Penyimpanan Air Hujan Menggunakan Geosintetik

Keterbatasan lahan saat ini, menjadi kesulitan dalam membuat sistem pemanen air hujan. Salah satu alternatifnya yaitu membuat sistem pemanen air hujan di bawah permukaan tanah dengan menggunakan beton.

Saat ini sudah diaplikasikan material geosintetik untuk membuat tangki penyimpanan air hujan dengan menggunakan material geosintetik. Material yang digunakan yaitu modular tank, geomembrane dan non woven geotextile.

Modular tank merupakan material utama dalam konstruksi tangki penyimpanan air. Geomembrane berfungsi sebagai lapis kedap sedangkan non woven geotextile berfungsi sebagai filtrasi. Konstruksi dengan menggunkan geosintetik ini juga dapat menampung air hujan yang masuk atas tanah. Diatas konstruksi tangki pemanen air hujan juga dapat ditanami rumput.

Sistem pemanen air hujan dengan menggunakan modular tank

Pemasangan Non Woven Geotextile dan Modular Tank

Instalasi dengan Tendon

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material geosintetik pada pembuatan sumur resapan.

PT. Geosintetik Mandiri Indonesia bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual modular tank dan non woven geotextile untuk sumur resapan.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Modular tank pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

 

Hubungi kami

Form Customer PT. Geosintetik Mandiri Indonesia

14 + 9 =

PT. GEOSINTETIK MANDIRI INDONESIA

Rosewood Garden No.1

Jl. Jatibening II, Bekasi 17412

021 – 85513955

021 – 85517828

0811 9555 699

0812 1307 0025

0812 1307 0024

office@geosintetik-indonesia.com

Office Call

Marketing Call