Geotextile Sebagai Solusi Penyiapan Lahan diatas Tanah Lunak

 

Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan terdiri dari tanah lunak terutama daerah wilayah Sumatera dan Kalimantan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di tanah lunak yaitu daya dukung yang rendah dan penurunan yang tinggi. Selain itu juga pada saat konstruksi penyiapan lahan, alat berat akan kesulitan berdiri di atas tanah lunak.

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa tanah lunak tidak dapat menahan beban alat berat (excavator) sehingga alat berat tenggelam. Maka diperlukan alas sebagai dudukan alat berat.

Agar penyiapan lahan dapat berjalan dengan cepat dan tidak menghadapi masalah, salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan geotextile sebagai lapis separasi antara tanah dasar dengan tanah timbunan. Geotextile yang dapat digunakan yaitu Geotextile Non Woven maupun Geotextile Woven. Untuk penentuan geotextile yang digunakan tergantung dari tanah dasarnya dan konstruksi yang akan dibangun diatasnya. Biasanya untuk konstruksi jalan menggunakan geotextile woven karena selain sebagai lapis separasi dapat juga berfungsi untuk mendistribusikan beban ke area yang lebih luas.

Seperti pada gambar diatas dapat dilihat dengan menggunakan geotextile sebagai lapis separasi dapat memudahkan penyiapan lahan dan alat berat pun dapat berdiri diatasnya. Selain itu juga karena berfungsi sebagai lapis separasi, tanah timbunan yang pilihan tidak tercampur dengan tanah asli.

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Geotextile sebagai perkuatan pada tanah lunak.

PT. Geosintetik Mandiri Indonesia bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Geotextile sebagai lapis perkuatan tanah.

 

Hubungi kami

Form Customer PT. Geosintetik Mandiri Indonesia

9 + 1 =

PT. GEOSINTETIK MANDIRI INDONESIA

Rosewood Garden No.1

Jl. Jatibening II, Bekasi 17412

021 – 85513955

021 – 85517828

0811 9555 699

0812 1307 0025

0812 1307 0024

office@geosintetik-indonesia.com

Office Call

Marketing Call